-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Para Games 2018

Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Para Games 2018


Jakarta,mitra-jatim.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka ajang olahraga  Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)  Jakarta, Sabtu malam (6/10/2018). Didampingi Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla, Presiden Jokowi membuka acara dengan mengucapkan basmalah.”Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan 0Asian Para Games 2018 di Jakarta resmi dibuka,” katanya.

Sebelum resmi membuka, Presiden Jokowi menyambut kehadiran tamu istimewa dari 43 negara yang berpartisipasi. Dia berharap, melalui Asian Para Games 2018 dapat mempererat persaudaraan, memupuk kegigihan prestasi, dan menjunjung tinggi kemanusiaan. Gelaran Asian Para Games 2018 mempertandingkan 18 cabang olahraga (cabor) dengan 8 cabang pertandingan.

Presiden Jokowi menuturkan, beberapa cabor disesuaikan penyandang disabilitas. Salah satunya boccia, khusus atlet dengan keterbatasan kemampuan motorik. Ada pula goal ball oleh penyandang tunanetra. Sebanyak 3 ribu atlet dari 43 negara peserta berpartisipasi dalam Asian Para Games 2018, termasuk atlet tuan rumah Indonesia. Indonesia menargetkan 16 medali emas dan masuk 8 besar negara peraih medali terbanyak. "Dukungan anda rakyat Indonesia sangat mereka butuhkan," ujar Jokowi.

Asian Para Games 2018 yang digelar 6 – 13 Oktober 2018 ini, mengangkat tema Inspiring Spirit And Energy of Asia. Acara pembukaannya mengusung konsep We Are One, dengan tagline 'Keberagaman Kita, Kekuatan Kita'. Menurut Inapgoc (Indonesian Para Games Organizing Comitee), konsep We Are One adalah filosofi, cara hidup, manifesto, dan kehidupan yang inlkusif. Seluruh rangkaian acara dilakukan di logo berbentuk lingkaran yang merepresentasikan keharmonisan negara-negara di Asia. Dengan tujuan mengukuhkan Asia, yang berisi bangsa beragam namun tetap satu dan tetap berbagi mimpi yang sama.

Pembukaan melibatkan 849 pemeran dan 40 diantaranya penyandang disabilitas yang memerankan 2.604 karakter. Dibantu tim berkekuatan 207 orang. Selain manusia akan digunakan 4.816 properti 1.304 kostum dan 514 topi. Asian Para Games III/2018 di Jakarta ini, mempertandingkan 18 cabor dengan 8 cabang pertandingan. Sebanyak 3 ribu atlet dari 43 negara peserta akan berpartisipasi dalam perhelatan tersebut. Asian Para Games pertama kali di Guangzhou, Cina, pada 2010. Empat tahun kemudian digelar di Incheon, Korea Selatan dan ketiga di Jakarta Indonesia pada tahun ini. (tyo/tom/edo)

0 Response to "Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Para Games 2018"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel