Mengungkap Fakta di Balik Berita

Hari Pers Nasional : 9 Febuari, Sejarah dan Tema di Tahun 2019


 Hasil gambar untuk gambar hari pers jawa timur 2019

mitra-jatim.com - Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari, kali ini akan membahas tentang beberapa fakta unik terkait sejarah pers nasional dan tema Hari Pers Nasional di tahun 2019. (09/02/2019)

Pimred mitra-jatim.com, Sumitro Hadi mengatakan, digitalisasi sepertinya hampir merambah di semua aspek kehidupan manusia. Mulai dari belanja, naik ojek, bahkan belajar pun sudah bisa dilakukan secara daring. Ada salah satu aspek yang mungkin saja menjadi salah satu kebutuhan. Informasi memang bukan kebutuhan utama, tapi seolah-olah kita dituntut untuk mendapatkan informasi yang ter-update? Pastinya nggak mau dibilang kudet (kurang update) katanya.

Pernahkah anda bertanya-tanya dalam kesunyian hati yang gunda?, "Dari mana ya informasi ini?"
Informasi itu didapat dari seorang narasumber yang kemudian disebarkan oleh pers. Nah, ngomong-ngomong soal pers nih, hari ini tepat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang acara intinya dipusatkan di Surabaya. Anda ahu nggak kenapa HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari?

Sebelum menetapkan tanggal 9 Februari itu sebagai HPN, perjalanan pers di Indonesia sangatlah panjang. Sebelum Indonesia merdeka, kegiatan pers yang dilakukan wartawan memiliki peran menggugah kesadaran masyarakat kala itu. Selain itu, pers juga berperan sebagai pemantik semangat juang untuk melepaskan diri dari penjajah, diera dulu.

"Seiring berjalannya waktu, para wartawan dan anggota pers membentuk organisasi yang bernama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), ada juga Asosiasi Wartawan Indonesia (AJI). Organisasi ini menjadi wadah persatuan dari wartawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

PWI berdiri pada tahun 1946, nah penetapan HPN ini sangat berkaitan dengan berdirinya PWI. Saat itu di tahun 1978, diadakan Kongres PWI ke-16. Di dalam kongres tersebut, beberapa tokoh pers mengusulkan sebuah keinginan adanya peringatan tentang peranan pers dalam skala nasional.,seperti yang kita peringati sekarang ini. paparnya.

Usulan tersebut kemudian ditindaklanjuti pada sidang Dewan Pers ke-21 yang diadakan di Bandung pada 19 Februari 1981. Empat tahun berselang, tepatnya melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1985 menetapkan bahwa pemerintah menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional. Kalian tahu di tahun tersebut masuk ke dalam era apa? Saat itu diera orde baru yang dipimpin oleh Soeharto sebagai presiden Indonesia ke dua..

"Sejak saat itulah tanggal 9 Februari selalu diadakan peringatan HPN yang diselenggarakan di ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Nah, tahun 2019 ini, Surabaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional. Di tahun ini, HPN mengangkat tema tentang “Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Tema ini tentunya relevan dengan perkembangan zaman yang menjadikan platform media sedikit demi sedikit berubah dari cetak ke online.

Rencananya HPN di Surabaya ini dihadiri oleh 25 duta besar negara-negara sahabat. Banyak banget kan? Nah, apakah anda punya cita-cita menjadi seseorang yang terjun di dunia pers? Kalau iya, kamu bisa lho mendalami ilmu jurnalistik bersama guru privat terbaik. Di ruang les anda bebas menentukan guru privat, dan tentunya waktu belajar yang fleksibel," pungkasnya. (Sumitro Hadi)



Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -