-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

7 Manfaat Permentasi Buah Mengkudu untuk Kesehatan

7 Manfaat Permentasi Buah Mengkudu untuk Kesehatan


Redaksi, Mitrajatim.Com
Mengkudu merupakan buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sebagian masyarakat meyakini bahwa buah mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yang paling terkenal adalah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

"Biasanya dengan mengolah mengkudu menjadi jus atau dipermentasi maupun dikosumsi  secara ekstrak mengkudu. Kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan manfaat buah mengkudu, dalam bentuk "kulit buah" kering, dan sebagai ekstrak kering dalam bentuk kapsul. Meski rasa mengkudu amat pahit, masih banyak orang yang mengonsumsi buah ini untuk kebutuhan kesehatan..

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Kamu bisa membuatnya sebagai jus mengkudu yang dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Sederhananya, mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Satu studi di Jepang berbicara tentang bagaimana jus dan permentasi mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres. Jus mengkudu juga membantu memerangi masalah terkait lainnya seperti stres dan kecemasan. Mengkudu juga dapat membantu dalam pengobatan depresi.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

3. Menurunkan Kolesterol

4. Kanker

5. Menurunkan Gula Darah pada Pengidap Diabetes

6. Tekanan Darah Tinggi. 

7. Meningkatkan Stamina

"Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Mengkudu"

"Layaknya buah-buahan pada umumnya, mengkudu relatif aman untuk dikonsumsi sebagai makanan maupun suplemen. Namun, bukan berarti bebas dari efek samping, terutama yang telah diolah menjadi ekstrak dan dicampur dengan kandungan obat-obatan lain.

Agar terhindar dari efek samping yang berbahaya, sebaiknya berhati-hati sebelum mengkosomsi secara herbal termasuk mengkudu, terutama jika Anda:

  • Ibu hamil dan menyusui
    Sejak dahulu kala, mengkudu dipercaya bisa berdampak buruk untuk janin. Hindari buah ini jika Anda sedang hamil. Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, lebih baik hindari juga mengonsumsi mengkudu jika Anda sedang menyusui.

  • Memiliki kadar kalium tinggi
    Mengonsumsi mengkudu bisa meningkatkan kadar kalium di dalam tubuh Kalium yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan kelelahan, mual, sulit bernapas, gangguan ginjal, serta yang paling parah adalah kelumpuhan dan gangguan jantung.

  • Berhati-hatilah saat ingin mengonsumsi sesuatu, termasuk bahan alami, seperti buah mengkudu. Pelajari dulu baik-baik jika ingin melakukan pengobatan secara tradisional dengan buah-buahan atau obat herbal. Dan yang terpenting, selalu konsultasikan kepada dokter sebelum memasukkan zat apa pun ke dalam tubuh..(Red/*)


0 Response to "7 Manfaat Permentasi Buah Mengkudu untuk Kesehatan "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel