-->

BREAKING NEWS !!!

4 Kasun Dipecat oleh Kades di Bondowoso, Konflik Batin Internal Keluarga Pasca Pilkades

Bondowoso, mitrajatim.com   – Pemecatan empat kepala dusun oleh Kepala Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso menuai sorota...

Penemuan Makam Kuno : Berada di Desa Tenaru, Driyorejo, Gresik

Penemuan Makam Kuno : Berada di Desa Tenaru, Driyorejo, Gresik

GRESIK, Mitrajatim.Com - Berawal dari keberadaan batu nisan kuno yang tidak lazim dari panjang makam dua (2) meteran lebih serta kemiringanya membujur sedikit mencong kearah barat keberadaanya dibawah pohon besar.

Hal tersebut membuat salah satu tokoh pemuda bersama tokoh masyarakat setempat mencari tau dan mendalami melalui beberapa tahapan, berinisiatif melakukan ritual untuk mengetahui keberadaan makam kuno yang berada di makam umum Desa Tenaru.

"Wal hasil, melalui beberapa tahapan secara agamis juga secara ritual, tokoh serta sosok yang tidak mau disebut namanya itu, sudah lama mengadakan pendekatan atas munculnya batu nisan kuno yang diperkirakan keberadaanya berusia ratusan tahun. 

Melaui tahapan dan sejarah panjang munculnya makam kuno yang konon dijuluki makam Mbah Sayid tersebut diketahui munculnya batu nisan kuno era jaman setelah runtuhnya Kerajaan Maja Pahit maka muncul di era kejayaan Kerajaan Mataram.

"Beberapa nara sumber serta informasi yang digali oleh Tim Media Group MitraJatim melaui sejumlah tokoh Agama dan sesepuh desa di sekitar makam tersebut membenarkan bahwa ada makam kuno yang tak terawat, Tuturnya.

Keberadan makam Mbah Sayid sekarang ini berbeda dengan sebelumnya' "Sekarang ini dibangun secara Swadaya oleh tokoh dan bergotong royong bersama masyarakat sekitar" hal ini dinilai sangat positip, karena bernilai Religius agar kita mengingat sejarah serta menghormati Sesepuh kita.

Disisi lain, Makam Mbah Jangguk yang sudah banyak diketahui masyarakat khalayak, bahwa ada nilai Religius yang sering didatangi peziarah baik dari desa setempat maupun peziarah dari luar daerah yang tau tentang riwayat sejarah Islam, hal ini untuk mengingat dan mendoakan para tokoh penyebar Agama Islam kjhususnya kabupaten Gresik," Bersambung. (Sumitro Hadi*)



1 Response to "Penemuan Makam Kuno : Berada di Desa Tenaru, Driyorejo, Gresik"

  1. Berita tsb,sangat betul keberadaannya,dalam segi religius sangat tepat,untuk mengenang dan mendoakan para pejuang penyebaran agama Islam dimasa lalu.

    BalasHapus

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel