-->

BREAKING NEWS !!!

4 Kasun Dipecat oleh Kades di Bondowoso, Konflik Batin Internal Keluarga Pasca Pilkades

Bondowoso, mitrajatim.com   – Pemecatan empat kepala dusun oleh Kepala Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso menuai sorota...

Kemendikbud Pastikan USBN 2018 Ada Soal Esai

Kemendikbud Pastikan USBN 2018 Ada Soal Esai


Surabaya,Mitra-Jatim.com- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mensosialisasikan format Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD, SMP, SMA dan SMK 2018. Sosialisasi dilakukan di tingkat pusat, melalui akun twitter resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud @litbangdikbud dan sudah dipublikasikan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.Saiful Rachman mengatakan, format tersebut sudah resmi diumumkan kemendikbud, meskipun  sampai saat ini belum dikeluarkan SOP (Standar Operasional Prosedur). ”Namun, USBN 2018 dipastikan memuat soal esai sebanyak 10 persen dari total soal,” katanya.

Hal tersebut berbeda dengan tahun lalu. Karena, jenjang SD sepenuhnya pilihan ganda dan tingkat SMP, SMA, serta SMK sederajat memuat 5 soal esai dengan 30 sampai 40 soal pilihan ganda. ”Pemerintah pusat memberi 20 sampai 25 persen soal untuk tingkat SD dan 25 persen tingkat SMP, SMA dan SMK. Sisanya disiapkan guru mata pelajaran pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” ujarnya.

Untuk menguatkan USBN di Jatim, Saiful berencana mengundang sekolah mensosialisasikan format USBN yang berbeda dengan tahun lalu. Tidak hanya SMA/SMK yang menjadi wewenang Pemprop Jatim, tetapi juga SD dan SMP di Jatim. ”Terkait pendanaan, ia mengungkapkan sepenuhnya akan menggunakan anggaran BOS. Sehingga pihaknya akan mengusulkan ke pemerintah pusat agar format pembelanjaan BOS untuk lebih di sederhanakan,” katanya. (lia/sh/edo)


0 Response to "Kemendikbud Pastikan USBN 2018 Ada Soal Esai "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel