-->


BREAKING NEWS !!!

Lambatnya Proses Penegakan Hukuman Disiplin PNS Di Pemkab Bondowoso

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Belakangan ini banyak dugaan temuan perilaku oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berpedoman pada ketentuan ya...

TNI Bisa Berfungsi Siskamling Ideologi

TNI Bisa Berfungsi Siskamling Ideologi

Jember,Mitra-Jatim.com- Kepala Badan Pembinaan Ideologvi Pancasila (BPIP) Yudi Latif  meminta TNI (Tentara Nasional Indonesia) tidak hanya berperan aktif membangun pertahanan ideologi negara. Namun, TNI yang memiliki tugas teritorial punya tugas lebih penting di masyarakat sebagai siskamling ideologi.

Hal tersebut disampaikan Yudi Latief dalam kegiatan Sarasehan Merekatkan Bangsa Memperkokoh NKRI di aula Kodim 0824 Jember Jatim, Senin (12/3/2018). ”Tentara adalah pertahanan kita, bukan hanya militer tapi juga non militer. Pertahanan ideologi kita sekarang sering dibobol. Ke depan harus ada sedikit revisi kurikulum pendidikan ketentaraan. Bukan hanya bersifat arm fisik, tapi counter ideologi diperkuat,” kata Yudi Latief.

Apalagi, tambah dia, tentara Indonesia mempunyai fungsi teritorial. Sehingga, fungsi teritorial tentara sekarang dapat difungsikan sebagai siskamling ideologi. Bukan hanya siskamling menangkap maling ayam.  ”Tapi, sekarang paling parah adalah maling ideologi. Misalnya, tentara bisa menurunkan spanduk yang memecah belah atau mencegah aktivitas-aktivitas penyebaran paham melawan Pancasila. Disinilah fungsi tentara sebagai siskamling ideologi,” jelasnya didampingi Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar.

Yudi juga mengatakan, tentara bisa difungsikan tugas sipil dalam konteks pertahanan ideologi. ”Semisal mengajar pemuda-pemuda desa bagaimana membangun kerukunan, lintas iman, lintas keyakinan, gotong royong. Itu bisa bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polri (Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat),” katanya. (suk/edo)



0 Response to "TNI Bisa Berfungsi Siskamling Ideologi "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel