Mengungkap Fakta di Balik Berita

Belum Siap UNBK, Sebanyak 73 SMP di Jombang UN Berbasis Kertas Pensil

Jombang,Mitra-Jatim.com- Sebanyak 73 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jombang, Jatim belum siap menggelar UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 2018 yang berlangsung mulai Senin (23/4/2018) hingga Kamis (26/4/2018). Penyebabnya, kurang tersedianya sarana dan prasarana melaksanakan UNBK di SMP tersebut, mulai perangkat komputer hingga jaringan internet.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang Budi Nugroho mengatakan, jumlah SMP di Jombang ada 123 sekolah, baik negeri maupun swasta. Dari, jumlah itu, sebanyak 50 persen menggelar UNBK. ”Sisanya sebanyak 73 sekolah belum siap melaksanakan UNBK SMP 2018,” Budi, Minggu (22/4/2018).  Budi lantas merinci sekolah yang siap menggelar UNBK sebanyak 23 SMP Negeri dan 27 SMP swasta. Sekolah-sekolah itu tersebar di sejumlah kecamatan. ”Jadi yang sudah siap UNBK ada 50 SMP,” paparnya..

Sedangkan, 73 SMP yang belum siap melaksanakan UNBK 2018, menurut Budi, kurang tersedianya sarana dan prasarana melaksanakan UNBK yang dimiliki SMP. Mulai perangkat komputer hingga jaringan internet. Padahal, untuk bisa melaksanakan UNBK, sekolah harus menyiapkan 1/3 perangkat komputer. ”Artinya, jika ada 100 siswa, pihak sekolah setidaknya menyiapkan 34 komputer, agar bisa melaksanakan UNBK dengan tiga gelombang atau sesi,” jelas Budi.
 .
Penyebab lainnya adalah kondisi gepgrafis sekolah. Seperti sekolah pinggiran, kata Budi, terkendala sultnya jaringan internet. ”Namun, bagi SMP yang belum UNBK, tetap melaksanakan ujian nasional dengan berbasis kertas pensil atau UNKP," katanya.  Sementara itu, Disdik Jombang menargetkan pada 2019 nanti, seluruh SMP di Kabupaten Jombang melaksanakan UNBK. "Tahun depan kami target seluruh SMP sudah UNBK," pungkas Budi. (win/cia/edo)



Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -