-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Makin Cakap Digital, Mahasiswa STIKOSA – AWS Dibekali Ilmu Forensik Digital

Makin Cakap Digital, Mahasiswa STIKOSA – AWS Dibekali Ilmu Forensik Digital

Surabaya, MITRAJATIM.COM - Setiap pengguna media sosial, disadari atau tidak, tercatat dalam rekam jejak digital yang dapat terlacak dan sulit dihindari. Kecakapan dalam menggunakan internet, khususnya dalam bermedia sosial, wajib dibarengi dengan kehati-hatian dan bijak dalam menerima maupun menyebarluaskan informasi dan data apapun. 

Tidak sedikit informasi yang diunggah dan yang disebarluaskan bermasalah lantaran mengandung hoax, menyesatkan, mengandung unsur kebencian, atau merugikan pengguna media sosial lainnya, baik secara individu, berkelompok, maupun melembaga. 

Digital Forensic atau forensik digital, memelajari penyelidikan temuan konten digital yang cenderung bermasalah atau berpotensi menjadi kejahatan digital. 

“Forensik digital sangat berguna untuk pengguna internet. Supaya bisa mengetahui jenis-jenis virus, serangan maupun penipuan melalui media digital. Dengan mengetahui hal itu, pengguna digital bisa lebih waspada dan antisipatif terhadap berbagai kemungkinan kejahatan di media digital,” ujar Bagus Winarko, instruktur Media Data Analyst Pelatihan Talent Scouting Academy (TSA), dalam kuliah daring mahasiswa semester akhir STIKOSA-AWS. 

TSA merupakan sebuah program kerjasama antara Kementerian Kominfo RI dengan STIKOSA-AWS yang bertujuan memberi bekal  agar mahasiswa makin cakap digital. Media Data Analyst, satu dari sejumlah materi TSA yang diajarkan pada mahasiswa STIKOSA-AWS. 

Sedikitnya 10 dosen STIKOSA-AWS terlibat sebagai Instruktur, dari 15 instruktur TSA yang ditunjuk Kementerian Kominfo. Yaitu antara lain Meithiana Indrasari, yang juga Ketua STIKOSA AWS, Jokhanan Kristiyono, Suprihatin, Dwi Prasetyo, Eko Pamuji, Zainal Arifin Emka, Wibawanti Ratna Amina, Ratna Puspita Sari, Riesta Ayu Oktarina, Moch. Arkansyah, dan Adhi Prasnowo.


Selain itu tim pengajar juga datang dari mitra Kementerian Kominfo dan STIKOSA-AWS, diantaranya Bagus Winarko, Putri Pradnyawidya Sari,  Maulina Jayantina, Muhajir Shultonul Azis, dan Astrid Puspita Sari.

Pelatihan TSA diimplementasikan melalui skema  perkuliahan yang setara dengan 20 SKS selama satu semester. Digital Media Forensic atau forensik media digital, adalah bagian dari mata kuliah Media Data Science.

Lebih jauh Bagus Winarko menjabarkan, tujuan dari mempelajari forensik digital agar pengguna media digital bisa lebih berhati-hati dalam membuat dan menyebarn konten-konten yang dibuat dan diunggah baik milik sendiri maupun konten pengguna lain. 

“Ketika pengguna media digital menjadi korban kejahatan digital, korban bisa mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk memproses melalui jalur hukum,” imbuh Bagus Winarko, yang kesehariannya bertugas di BPSDMP Surabaya.

Forensik digital diperlukan karena biasanya data yang ada di perangkat target yang hendak diforensik telah dikunci, dihapus, atau disembunyikan. Data-data tersebut dapat menjadi alat bukti dalam proses hukum ketika terjadi masalah atau tindak kriminal. 

Maka dari itu, rekam jejak digital perlu menjadi perhatian kita semua. Sekalipun dihapus dari perangkat sebagai upaya menghilangkan barang bukti, namun hal itu dapat ditelusuri melalui forensik digital (MJ/dmpr)

0 Response to "Makin Cakap Digital, Mahasiswa STIKOSA – AWS Dibekali Ilmu Forensik Digital "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel